Senin, 28 November 2022
Advertisment
BerandaLiputanTeknologiIni Catatan Bill Gates Soal Digitalisasi Pendidikan

Ini Catatan Bill Gates Soal Digitalisasi Pendidikan

Digitalisasi di dunia pendidikan selama pandemi berlangsung tak luput dari sorotan Bill Gates, tokoh bisnis dan teknologi dari Amerika. Bill Gates meyakini digitalisasi tak mampu menggantikan sistem pendidikan namun sekadar melengkapi metode pembelajaran.

Hal itu ditulis Bill Gates dalam blog pribadinya. Isu digitalisasi pendidikan ditulisnya sebagai bagian ke dua setelah isu dunia kerja dan bisnis yang disebutnya bakal membuka kesempatan perkembangan teknologi digital ke depannya.

Digitalisasi pendidikan disebut Bill Gates sangat dipengaruhi oleh fasilitas yang dimiliki peserta didik di rumah. Kesenjangan akses telah menyempit sejak pandemi berlangsung dan disebutnya akan terus menyempit.

Mantan bos Microsoft itu menilai perlunya menemukan cara untuk memperluas akses dengan pengembangan inovasi baru. Bill Gates menuliskan memang pandemi mempercepat pengembangan kurikulum yang dinamis. Hal itu dikatakan butuh disesuaikan untuk kebutuhan individu peserta didik dan guru ke depan.

Alat-alat baru diperlukan melengkapi pembelajaran dibanding menggantikan proses belajar tatap muka. Sebab, Bill Gates melihat digitalisasi pendidikan kurang efektif diberlakukan utamanya untuk kalangan siswa muda atau anak-anak.

Efek Digitalisasi Bagi Dunia Pendidikan

Bill Gates juga menyoroti efek abadi dari digitalisasi pendidikan. Dia mengatakan digitalisasi pendidikan cukup mampu menggantikan pertemuan tatap muka untuk siswa sekolah menengah atas.

Dia mencatat kebutuhan pelajar membutuhkan konten pebelajaran yang lebih menarik dan membantu mengerjakan pekerjaan rumah secara online. Konten pembelajaran ke depan diprediksinya bakal lebih menarik dan lebih dipersonalisasi untuk pelajar. Namun, itu bisa terjadi jika pelajar secara terbuka bisa memberikan umpan balik yang cukup untuk penyedia konten pembelajaran.

Bagi para guru, Bill Gates meramalkan kalangan tersebut akan mendapatkan pemahaman lebih tentang kinerja siswa. Dengan alat inovatif yang telah dikembangkan beberapa perusahaan selama pandemi dinilai Bill Gates masih bisa membantu para guru dalam melaksanakan tugasnya.

Secara spesifik, Bill Gates memprediksi lompatan terbesar akan terjadi pada kurikulum matematika. Dia memandang mata pelajaran ini menjadi momok besar namun dia optimistis momok itu akan terselesaikan dengan teknologi.

https://www.solopos.com/pak-bu-guru-ini-catatan-bill-gates-soal-digitalisasi-pendidikan-1215576?utm_source=terkini_desktop

TULISAN TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Terbaru

Komentar Terbaru